Internet

Internet

Internet (kependekan dari interconnection-networking) adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaidah ini dinamakan internetworking (“antarjaringan”).

 

Sejarah Internet

Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek lembaga ARPA yang mengembangkan jaringan yang dinamakan ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX.

Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.

Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu pada tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.

Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu “MILNET” untuk keperluan militer dan “ARPANET” baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.

 

Berbagai Jenis Koneksi Internet Broadband

 ADSL (Asymmetric Digital Subscriber Line)

ADSL adalah yang paling umum digunakan koneksi internet broadband. Secara luas digunakan untuk perumahan dan komersial. ADSL adalah garis digital yang dapat digunakan untuk mengakses internet tanpa menggangu saluran telepon Anda . ADSL bekerja pada kecepatan 512 kbps atau lebih tinggi. ADSL memungkinkan kecepatan tinggi koneksi internet tanpa saluran telepon Anda tetap sibuk. Kecepatan proses download lebih besar daripada kecepatan upload, dalam kasus sambungan ADSL. Hal ini disebut ‘asimetris’ karena perbedaan ini dalam kecepatan download dan upload.


SDSL (Symmetric Digital Subscriber Line)

SDSL sama dengan ADSL, hanya berbeda dalam satu aspek, yaitu kecepatan upload. Para koneksi internet broadband SDSL dicirikan oleh identik kecepatan upload dan download. Hal ini bermanfaat untuk tujuan bisnis komersial dan sebagai kecepatan upload yang diperlukan adalah tinggi, dan koneksi SDSL memenuhi persyaratan ini. Hal ini lebih mahal dibandingkan ADSL, tetapi sepadan dengan biaya ketika bisnis dan keuntungan komersial dipertimbangkan.

Wireless Broadband Internet Connection

Koneksi internet nirkabel adalah kneksi yang kita butuhkan sekarang ini  laptop, palmtop dan ponsel, semua memiliki koneksi internet nirkabel. Kecepatan proses download yang disediakan oleh jenis teknologi akses Internet broadband berkisar dari 128 kbps sampai 2 Mbps. Teknologi ini berkembang karena meningkatnya penggunaan perangkat nirkabel seperti ponsel dan laptop.

Cable Broadband Internet Connection

internet dapat diakses melalui sambungan TV kabel. TV kabel digunakan oleh hampir semua orang dan sekarang koneksi internet juga dibuat tersedia bersama-sama dengan saluran TV kabel. Kabel koneksi internet broadband menyediakan kecepatan mulai dari 2 Mbps hingga 8 Mbps. Sambungan secara luas digunakan di wilayah pemukiman. Hal ini lebih populer dibandingkan dengan koneksi internet ADSL, meskipun kecepatan download dan upload dari kedua jenis sambungan internet broadband yang sama

Satellite Broadband Internet Connection

Semua bentuk koneksi internet broadband yang dijelaskan di atas memiliki keterbatasan daerah, yaitu daerah yang yang  kemungkinan menghalangi pancaran sinyal dari  menara seperti pada daerah perkotaan atau pegunungan.
Satelit koneksi internet broadband adalah solusi untuk masalah ini. Dalam jenis koneksi internet, yang geostasioner satelit menyediakan akses internet. Memerlukan parabola dan perangkat keras pendukung lainnya yang diperlukan untuk menerima sinyal. Kecepatan yang ditawarkan oleh koneksi internet satelit adalah 2 Mbps untuk download dan 1 Mbps untuk upload. Kecepatan ini lebih sedikit dibandingkan dengan jenis koneksi internet broadband dan cuaca mempengaruhi sinyal untuk sebagian besar.

Fiber Optic Broadband Internet Connection

Teknologi serat optik adalah teknologi yang relatif baru yang mengubah sinyal listrik ke sinyal cahaya. Sinyal ini ditransfer melalui kabel fiber optik. Ini adalah bentuk yang dapat diandalkan koneksi internet, tetapi dapat biaya perumahan penghalang bagi konsumen. Hari ini, berbagai bentuk Internet broadband menyediakan cakupan dan mobilitas terbatas pilihan. Teknologi ini berkembang dengan cepat untuk memenuhi persyaratan kecepatan dan kualitas layanan.

 

 

Tujuan dariSsebuah Alamat IP dan Hubungannya dengan Nama Domain

Tujuan alamat ip:

Internet Protocol (IP) address adalah alamat numerik yang ditetapkan untuk sebuah komputer yang berpartisipasi dalam jaringan komputer yang memanfaatkan Internet Protocol untuk komunikasi antara node-nya.

Internet Protocol memiliki tugas routing paket data antara jaringan, alamat IP dan menentukan lokasi dari node sumber dan node tujuan dalam topologi dari sistem routing. Untuk tujuan ini, beberapa bit pada alamat IP yang digunakan untuk menunjuk sebuah subnetwork. Jumlah bit ini ditunjukkan dalam notasi CIDR, yang ditambahkan ke alamat IP, misalnya, 208.77.188.166/24.

Jadi, IP Addrees (Internet Protocol Address atau sering disingkat IP) adalah deretan angka biner antar 32-bit sampai 128-bit yang dipakai sebagai alamat identifikasi untuk tiap komputer host dalam jaringan Internet. Panjang dari angka ini adalah 32-bit (untuk IPv4 atau IP versi 4), dan 128-bit (untuk IPv6 atau IP versi 6) yang menunjukkan alamat dari komputer tersebut pada jaringan Internet berbasis TCP/IP.

Hubungan alamat IP dengan nama domain:

Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi alamat (IP address) server komputer seperti web server atau email server di internet.

Domain memberikan kemudahan pengguna internet untuk melakukan akses ke server dan memudahkan mengingat server yang dikunjungi dibandingkan harus mengingat sederetan angka-angka IP Address.

 

Jenis-Jenis Fitur dari Browser dan Komponen dari Alamat Web

Web Browser adalah perangkat lunak yang berfungsi menampilkan dan melakukan interaksi dengan dokumen-dokumen yang disediakan oleh server web. Web sendiri adalah kumpulan jaringan berisi dokumen dan tersambung satu dengan yang lain, yang dikenal sebagai World Wide Web. Jenis-jenis browser antara lain:

  1. Google Chrome

Web Browser buatan Google ini mulai banyak digunakan oleh pencinta   internet, Google dengan menggunakan mesin rendering WebKit. Proyek sumber terbukanya sendiri dinamakan Chromium. Google Chrome membutuhkan memory yang lebih sedikit dibandingkan dengan Mozila Firefox dan ukuran aplikasinya lebih kecil.

Fitur-Fitur yang ada :

  1. Drag and Drop Download, dapat dengan mudah menyeret download file dari chrome ke dekstop atau folder lain dikomputer.
  2. Resources Page, bagian ini berguna untuk webmaster dan siapa saja yang memiliki situs dan ingin tahu seberapa cepat situsnya di browser.
  3. Task Manager, untuk melihat sumber daya memori dan CPU yang dikonsumsi oleh setiap tab.
  4. Perhitungan cepat dari Addres Bar, dapat melakukan perhitungan dengan mengetikkan angka di address bar, seperti kalkulator, misalnya kiat ketikkan 12*5 dan tunggu sebentar maka akan muncul hasilnya

 

2. Opera

Opera adalah penjelajah web dan paket perangkat lunak Internet antar-platform. Opera terdiri dari kumpulan perangkat lunak untuk Internet seperti penjelajah web, serta perangkat lunak untuk membaca dan mengirim surat elektronik. Opera browser juga menyediakan browser untuk perangkat mobile yang disebut juga operamini dan operamobile.

Fitur-fitur yang ada :

  1. Tab stacking adalah fitur baru dimana anda bisa mengumpulkan banyak tab didalam sebuah tab. Ini sangat memudahkan anda yang akan  membuka banyak tab dan mengumpulkannya berdasarkan kategori tertentu, misalkan saja news anda kumpulkan dalam 1 tab dan social network juga anda kumpulkan dalam 1 tab sendiri.
  2. Mouse gesture, untuk memudahkan anda dalam mengendalikan browser secara cepat menggunakan gerakan mouse. Caranya sangat mudah sekali.cukup tahan dan tekan tombol kanan mouse anda dibrowser untuk mengetahui semua perintah mouse gesture yang bisa anda manfaatkan.
  3. Opera turbo,fitur ini penting ketika anda menggunakan koneksi dengan kecepatan yang lambat (wifi umum, dsb) ini juga bisa anda gunakan untuk menghemet biaya jika anda sedang menggunakan koneksi internet dengan biaya volume based.
  4. Opera link, untuk mensinkronisasikan data personalisasi opera seperti speed dial, bookmark, notes,dan data lainnya antara browser opera dikomputer anda dan browser opera didevise anda( opera mobile,opera mini, dll)
  5. Password manager, untuk memudahkan anda dalam mengisi username dan password. Anda cukup menyimpan password dan user name tersebut saat pertama kali mengakses website. Dan selanjutnya opera akan otomatis mengisikannya untuk anda.

 

3. Flock

Flock adalah sebuah penjelajah web yang berspesialisasi pada penyediaan fitur jaringan. Browser ini dibuat menggunakan codebase Mozilla’s Firefox Pada tanggal 16 Juni 2008.

Fitur-Fitur yang ada :

  1. Photo Uploader, Upload foto ke layanan situs sosial seperti Flickr, Facebook, Twitter, My Space menggunakan menu photo uploader.
  2. People Sidebar, sidebar yang satu ini merupakan media yang memudahkan kita untuk mengakses empat web site keren, yaitu Facebook, Flickr, Twitter, dan YouTube.
  3. Webmail, fitur untuk mencek email tanpa harus membuka langsung alamat webnya.
  4. Blog Editor, Aplikasi ini hampir mirip dengan addon Mozila Firefox, Performancing atau ScribFire. Bedanya, tentu saja, aplikasi ini telah disempurnakan dengan menambahkan fitur-fitur yang baru. Tidak hanya bisa digunakan untuk menulis draft sebuah posting dan melakukan publish semata, namun bisa juga untuk memasukan file multimedia yang tersebar di jejaring sosial ke blog yang kita miliki. Dengan menggunakan fitur ini, kita bisa dengan cara offline pada saat menuliskan artikel. Koneksi ke internet hanya digunakan pada saat kita membutuhkan untuk melakukan publikasi dari tulisan blog tersebut.
  5. Media Bar, Bar yang bakal muncul di atas halaman yang sedang kita navigasi ini bakal menunjukkan karya-karya keren dari user Flickr dengan aspek rasio 1:1. Walaupun agak menghalangi pandangan kita dalam bernavigasi, jika kita buka bar ini tentunya, foto-foto indah yang terpampang di sana akan membuat kita tersenyum dan melanjutkan browsing dengan menggeser-geser ke kanan foto-foto keren tersebut..
  6. Accounts And Services Sidebar, sidebar ini bakal ngebantu kita buat login ke beberapa website pilihan Flock, sehingga mempermudah akses kita. Sayangnya, sebaiknya tidak digunakan di shared computer..
  7. Web Clipboard, Dengan menggunakan fitur ini, kita dengan leluasa mengambil konten-konten dari web berupa teks, tautan ataupun gambar untuk disimpan dan dapat digunakan sewaktu-waktu dengan cara yang mudah, yakni cukup dengan cara click and drag.

 

4. Safari

Safari adalah sebuah penjelajah web buatan Apple Inc. yang awalnya ditujukan khusus bagi sistem operasi Mac OS. Safari dibundel bersama Mac OS X dan merupakan penjelajah web default di sistem operasi tersebut sejak Mac OS X v10.3. tetapi sekarang safari memiliki versi Windowsnya

Fitur-Fitur yang ada :

  1. iCloud Tabs, melalui fitur ini kita bisa sinkronisasi data atau menyimpan file di iCloud.
  2. Offline Reading List, dapat menyimpan artikel menarik dalam satu daftar dan tidak menggunakan lagi koneksi internet untuk membuka artikel yang sudah ada pada Reading List.
  3. Photo Library, dapat mempermudah untuk mengupload photo dan video yang kita miliki.
  4. Nitro Engine, mengelola Aplikasi web lebih cepat
  5. Cover Flow, tampilan bookmark dan history lebih nyaman
  6. Smart Address Field
  7. Smart Search Field

 

5. Avant Browser

Avant Browser adalah browser yang cepat, stabil, user-friendly, dan merupakan multiwindow browser. Memang engine yang dipakai adalah engine IE. Akan tetapi Avant Browser memiliki kelebihan dibandingkan IE.

Fitur-Fitur yang ada:

  1. AutoFills, membantu pengguna untuk menghafal password web, dan mengisi password untuk pengguna dengan 1 klik..
  2. RSS Reader, Memungkinkan pengguna untuk membaca RSS / ATOM feed seperti browsing halaman web. Dan pengguna dapat menyimpan feed favorit mereka sebagai penanda.
  3. Popup / iklan Blockers, Mudah menghilangkan banner AD yang tidak diinginkan, Flash iklan dan pop-up secara otomatis ke halaman bandwidth menyimpan.
  4. Melindungi Kerahasiaan, Melindungi privasi pengguna dengan menghapus semua jejak browsing: Typed URL, otomatis selesai, Cookie, Sejarah, Internet Files dll.
  5. Profil penyimpanan online, menyimpan pengguna ‘penanda, RSS Feeds, konfigurasi atau web password etc, dalam Avant Online Storage. Dengan cara ini, pengguna dapat mengakses data pribadi dari mana saja, kantor, rumah atau internet kafe, dan tidak perlu khawatir tentang kehilangan data ketika mereka kembali instalasi Windows
  6. Flash Animation Filter, Lebih dari 85% dari semua animasi flash di halaman web advertising. File flash ini dia akan besar, dan biasanya memakan waktu hingga 90% dari ukuran halaman yang anda kunjungi. Dengan Avant Browser Anda dapat menyimpan bandwidth oleh memblokir download file flash ini hanya dengan satu klik mudah. Avant Browser juga menyediakan pilihan untuk memblok download gambar, video, suara dan komponen ActiveX. Dengan pilihan ini pengguna dapat mengendalikan mereka bandwidth dan mempercepat loading halaman
  7. Multi-Window Browsing, user pada beberapa halaman web secara bersamaan. Semua halaman dapat dibuka dengan mudah dihentikan, refresh, tutup atau diatur dengan satu klik.
  8. Built-in Search Engine, Avant Browser menyediakan built-in mesin pencari. Dilengkapi dengan mesin pencari memungkinkan pengguna untuk mencari halaman web, gambar, grup, direktori, berita, lirik dan software di Internet
  9. Customizable Skins, Expresikan kreativitas Anda dengan membuat skin untuk menggunakan Avant khusus, mudah untuk menggunakan program bernama Avant Browser Skin, atau menggunakan salah satu dari banyak dan beragam skin yang dibuat oleh pengguna lain.

 

6. Mozilla Firefox

Mozilla Firefox (aslinya bernama Phoenix dan kemudian untuk sesaat dikenal sebagai Mozilla Firebird) adalah penjelajah web antar-platform gratis yang dikembangkan oleh Yayasan Mozilla dan ratusan sukarelawan. Web Browser berlogo kucing api ini menjadi pilihan untuk banyak pengguna internet diseluruh dunia.

Fitur-Fitur yang ada :

  1. Sync, fitur untuk mensinkronisasi data di browser seperti setting, add-on, thema dan bookmarks dengan cara data-data tersebut di simpan di server kemudian ketika kita pindah computer atau memakai browser tersebut ditempat lain, kita bias mensingkronkannya dengan browser lama kita
  2. Inspektur Page View 3D
  3. CSS text-size-adjust
  4. Style Editor CSS
  5. Firefox Notification

 

7. Internet Explorer (IE)

IE adalah Web Browser bawaan dari Windows, ketika kita menginstall Windows kita langsung mendapatkan Internet Explorer langsung pada komputer kita, disingkat IE atau MSIE, adalah sebuah browser web proprieter yang gratis dari Microsoft.

Fitur-fitur yang ada :

  1. Hardware Acceleration, fitur ini akan membantu ketika Anda sedang membuka website yang megandung konten grafis yang berat
  2. Add-on Performance Advisor, fitur satu ini memungkinkan Anda untuk menonaktifkan atau menghapus add on yang menurut Anda tidak perlu.
  3. Enhanced Tabs, fitur ini memungkinkan Anda memindahkan tab antar jendela dengan melepasnya dari tab bar dan memindahkannya ke jendela lain, dan halaman yang Anda buka masih tetap akan berjalan ketika tabnya Anda pindahkan.
  4. Internet Explorer 9 menggunakan Bing sebagai search engine-nya.
  5. Download Manager, untuk membuat daftar tentang file yang kita unduh dari internet. Anda pun memungkinkan untuk melakukan jeda pada file yang akan Anda unduh, bahkan Download Manager ini pun memberikan peringatan kepada Anda jika file yang Anda unduh ini mengandung file yang berbahaya.
  6. Pin to Task salah satu keunggulan Internet Explorer adalah kemampuannya menyematkan alamat web ke dalam taskbar desktop Anda. Hal ini hanya berlaku untuk sistem operasi Windows 7 saja. Jadi jika Anda sering mengunjungi website tersebut, Anda bisa menggesernya ke dalam taskbar, dan Anda hanya perlu menekan ikon yang berada pada taskbar Anda untuk mengunjungi situs Anda tersebut, dan Anda bisa melihat pengaturan atau berita terkini tentang situs Anda hanya dengan menekan klik kanan pada mouse pada ikon tersebut.
  7. All in One Box, untuk melakukan pencarian web. Perbedaannya hanya terdapat pada search engine, jika Google Chrome menggunakan Google sebagai mesin pencarinya, maka Internet Explorer 9 menggunakan Bing sebagai search engine-nya.

Komponen-Komponen dari Alamat Web

Komponen atau bagian-bagian yang harus ada dalam sebuah website sehingga situs atau website tersebut dapat online dan berfungsi dengan baik. Berikut adalah komponen-komponen website.

A. DOMAIN

Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi alamat (IP address) server komputer seperti web server atau email server di internet.Domain memberikan kemudahan pengguna internet untuk melakukan akses ke server dan memudahkan mengingat server yang dikunjungi dibandingkan harus mengingat sederetan angka-angka IP Address.Domain memiliki beberapa level, yaitu:

  1. Top Level Domain adalah deretan kata dibelakang nama domain seperti:.com (dotcommercial).net (dotnetwork).org (dotorganization).edu (doteducation).gov (dotgoverment).mil (dotmilitary).info (dotinfo)dllAda dua macam Top Level Domain, yaitu Global Top Level Domain (gTLD) dan Country Code Top Level Domain (ccTLD). gTLD adalah seperti yang pada di list diatas dan ccTLD adalah TLD yang diperuntukkan untuk masing-masing negara, seperti Indonesia dengan kode ID (co.id, net.id, or.id, web.id dst) atau Malaysia dengan kode MY (com.my, net.my, dst).
  2. Second Level Domain (SLD) adalah nama domain yang anda daftarkan. Misalnya nama domain yang anda daftarkan adalah domainku.com, maka domainku adalah SLD dan .comnya adalah TLD.
  3. Third Level Domain adalah nama setelah Second Level Domain . Misalnya nama domain yang anda miliki adalah domainku.com, maka anda dapat menambahkan nama lain sebelum domainku, yaitu mail.domainku.com atau estrex.domainku.com. Adapun layanan yang menjual third level domain salah satunya adalah enom dengan : .us.com, .br.com, .cn.com, dst. Atau yang gratis seperti co.cc, cz.cc dst.

B. HOSTING

Hosting adalah space harddisk dalam komputer server yang digunakan untuk penyimpanan database, email dan file web. Ada banyak spesifikasi hosting, tetapi beberapa yang penting adalah:

– Space / kapasitas hosting: Ini adalah besarnya data yang bisa Anda taruh di hosting. Ukurannya adalah Megabytes, Gigabytes, Terabytes.

– Bandwidth atau besarnya kuota transfer data per bulan. Ukurannya adalah Megabytes/bulan, Gigabytes/bulan, Gigabytes/bulan. Bandwidth ini direset ke nol tiap bulannya

.- Jumlah database: Ini adalah menentukannya banyaknya database yang bisa Anda buat / taruh di hosting.

– Jumlah addon domain: Banyaknya domain lain yang bisa Anda tambahkan ke hosting.

– Jumlah akun email: Banyaknya akun email yang bisa Anda buat.

 

C. SERVER WEB

Server web atau peladen web dapat merujuk baik pada perangkat keras ataupun perangkat lunak yang menyediakan layanan akses kepada pengguna melalui protokol komunikasi HTTP atau HTTPS atas berkas-berkas yang terdapat pada suatu situs web dalam layanan ke pengguna dengan menggunakan aplikasi tertentu seperti peramban web.

Penggunaan paling umum server web adalah untuk menempatkan situs web, namun pada prakteknya penggunaannya diperluas sebagai tempat peyimpanan data ataupun untuk menjalankan sejumlah aplikasi kelas bisnis.Fungsi utama sebuah server web adalah untuk mentransfer berkas atas permintaan pengguna melalui protokol komunikasi yang telah ditentukan. Disebabkan sebuah halaman web dapat terdiri atas berkas teks, gambar, video, dan lainnya pemanfaatan server web berfungsi pula untuk mentransfer seluruh aspek pemberkasan dalam sebuah halaman web yang terkait; termasuk di dalamnya teks, gambar, video, atau lainnya.Pemanfaatan server web saat ini tidak terbatas hanya untuk publikasi situs web dalam World Wide Web, pada prakteknya server web banyak pula digunakan dalam perangkat-perangkat keras lain seperti printer, router, kamera web yang menyediakan akses layanan http dalam jaringan lokal yang ditujukan untuk menyediakan perangkat manajemen serta mempermudah peninjauan atas perangkat keras tersebut

 

Cara Pencaharian yang Efektif di Web

 

  1. Gunakan kata kunci yang spesifik

Ketika melakukan pencarian melalui Google hindari menggunakan kata-kata yang terlalu umum. Gunakanlah kata kunci yang lebih spesifik karena Google adalah sebuah mesin yang tidak mungkin bisa memahami kebutuhan informasi yang diinginkan oleh masing-masing orang.

Sebagai contoh ketika Anda sedang mencari informasi tentang Sejarah Komputer, maka jangan lupa untuk mengetikkan kata kunci “Sejarah Komputer” di Google. Sebaliknya jika Anda hanya mengetikkan komputer di Google, maka kemungkinan besar hasil yang Anda dapatkan tidak akan sesuai dengan harapan.

 

  1. Gunakan kata kunci yang lebih bervariasi

Jika Anda belum menemukan informasi yang ingin Anda dapatkan meski telah menggunakan kata kunci yang lebih spesiifk, mencoba dengan kata kunci yang lebih bervariasi tentu merupakan langkah yang patut untuk dicoba. Bagaimanapun seluruh informasi di internet pada dasarnya berasal dari manusia yang tentu saja diungkapkan dalam beragam cara dan bahasa.

Oleh karena itu tidak ada salahnya jika Anda menggunakan kata kunci yang lebih bervariasi dalam mencari informasi dari internet. Sebagai contoh ketika Anda mengetikkan kata “LTE concept” dan tidak mendapatkan informasi yang memuaskan, maka mencoba mencari dengan kata kunci “LTE tutorial” tentu bisa Anda lakukan sebagai sebuah alternatif.

 

  1. Gunakan kalimat tanya

Selain mencari informasi dengan menggunakan kata kunci, mencari tahu dengan menggunakan kalimat tanya juga dapat Anda pakai sebagai alternatif. Sebagai contoh ketika Anda ingin menemukan informasi soal DLNA, Anda dapat menggunakan kalimat tanya “apa itu DLNA?”.Hasilnya dengan memakai kalimat tanya seperti iniselain lebih relevan, pertanyaan anda juga dapat langsung terjawab bukan?

 

  1. Gunakan “tanda kutip”

Bila suatu saat Anda menggunakan Google untuk mencari informasi tentang ponsel dengan fitur DLNA dengan mengetikkan “DLNA enabled phone” hasil yang Anda dapatkan belum tentu berkaitan dengan merek dan model ponsel yang telah mendukung konektivitas DLNA.

Nah agar hasil pencarian yang Anda inginkan lebih relevan, gunakan saja salah satu trik google yaitu tanda kutip menjadi “DLNA Enabled Phone”. Dengan cara seperti ini, Google akan menghapus hasil pencarian yang tidak berkaitan dengan topik yang dicari.

 

  1. Gunakan tanda plus (+) dan Min (-)

Tanda (+)

Untuk menambahkan kata yang ingin dicari pada pencarian informasi. misalkan “kematian tokoh manga” (ingat pakai tanda kutip) lalu khusus untuk tokoh naruto saja . Maka cukup anda tulis di “kematian tokoh manga” +naruto. Hasilnya selain mencari keyword “kematian tokoh manga” google juga akan menempatkan hasil pencarian teratas jika ada keyword “naruto”.

Tanda (-)

Tentu saja digunakan untuk mengurangi hasil pencarian. Lalu apa gunanya? kenapa kita harus mengurangi hasil pencarian.Ini dikarenakan google mengindex semua halaman yang dianggapnya penting. Tidak peduli apakah itu sebenarnya hanya iklan, berita, bookmarking dsb.

Coba anda bayangkan kita akan mencari soal psikotes. tapi yang muncul hanya iklan dari orang yang menjual soal psikotes. Maka dari itu dan oleh karena itu kita gunakan tanda – untuk menghilangkan iklan. Menjadi “soal psikotes” -iklan.

Bisa juga anda menggunakan google supaya tidak mencari di situs tertentu. Terutama situs iklan baris atau situs bookmarking semacam digg.com atau lintasberita.com. contohnya “soal psikotes” – site:lintasberita.com

 

  1. Informasi di internet itu bukan hanya website (file html)

Informasi di internet bukan hanya website ada beragam file semacam pdf, doc(ms word) bahkan flv (file video seperti di youtube). Caranya tinggal tambahkan kode filetype:”tipe “.

Misalnya ingin mencari soal psikotes dalam bentuk file pdf, Ya tinggal ketikkan saja “soal psikotes” filetype:pdf. Untuk melihat apa saja kode file yang didukung google bisa dilihat di google advanced

 

 

Manfaat dan Resiko Menggunakan Jejaring Sosial

 

Manfaat:

  1. Media Bersifat gratis
  2. Memudahkan kita membentuk jaringan sosial, mulai dari teman lama, teman saat ini sampai pada teman baru.
  3. Memudahkan untuk berkomunikasi satu teman dengan teman yang lain baik secara real time ataupun offline.
  4. Harus Diakui bagi seorang seorang pemula dan remaja media ini sangat membantu dan mendidik terutama dalam mengenal dan mengawali dunia internet.
  5. Bisa dimanfaatkan untuk media promosi/iklan dan pemberitahuan secara uptodate.
  6. dan manfaat hiburan lainnya seperti komunitas, kuis, game dll yang bisa menambah pengetahuan kita tentang teknologi maupun hal umum.

Resiko:

  1. Menimbulkan ketergantungan.
  2. Dengan fasilitas yang beragam yang disediakan media tersebut, secara tidak langsung kita dituntut untuk meluangkan waktu bahkan terkadang secara tidak sadar menghabiskan banyak waktu dengan menjadikannya prioritas utama.
  3. Menciptakan dunia maya yang terkadang lebih mendoninasi daripada dunia nyata.
  4. Dengan menggap kebebasan berpendapat dan berekpresi dalam Media sosial, menjadikannya media tersebut seperti privasi padahal apa yang kita informasikan bisa dilihat oleh orang lain maupun orang yang telah ada dalam daftar pertemanan kita padahal tidak kita tidak bisa menjamin orang orang tersebut sebaik yang kita inginkan.
  5. Pandangan yang sebelumnya, “memanfaatkan” media tersebut, secara berlahan lahan akan berbalik kita yang “dimanfaatkan” oleh media tersebut karena media tersebut kebanyakan bergerak di dunia iklan.

 

 

 

Sumber:

https://mazkoez.wordpress.com/2010/01/05/manfaat-dan-kerugian-media-jaringan-sosial/

http://www.kimsariwarto.com/2014/09/pengertian-dan-hubungan-domain-hosting.html

http://trhyputra07.blogspot.co.id/2012/12/jenis-jenis-browser-dan-fitur-fitur.html

http://vianuza.blogspot.co.id/2015/06/komponen-komponen-web.html

https://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_Internet

https://id.wikipedia.org/wiki/Internet

http://www.buzzle.com/

http://dhableg.blogspot.co.id/2011/10/pengertian-ip-address-dan-domain-name.html

https://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_Penamaan_Domain

http://www.transiskom.com/2015/07/tips-trik-pencarian-di-google-yang.html

http://nusindo.co.id/dampak-positif-dan-negatif-menggunakan-sosial-media/

 

 

 

 

This entry was written by novi.mesrina.c , posted on Thursday February 18 2016at 07:02 am , filed under Uncategorized . Bookmark the permalink . Post a comment below or leave a trackback: Trackback URL.

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>